Melihat dunia pendidikan

Selamat datang para bloger dan pembaca yang terkasih

Senin, 22 Februari 2010

Contoh BAB V PTK

BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat diambil yaitu, aplikasi model pembelajaran
kooperatif tipe TGT (Teams-Games-Tournament) dapat meningkatkan
motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA
Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2008/2009. Rata-rata skor
motivasi siklus I 124,87 (baik); siklus II 134,77 (baik); dan siklus III
151,70 (sangat baik). Rata-rata aspek kognitif untuk nilai awal adalah
39,03; siklus I 53,17 (0 % siswa mencapai nilai 70); siklus II 60,6 (20 %
siswa mencapai nilai 70); dan siklus III 74,17 (76,67 % siswa mencapai
nilai 70). Sedangkan hasil belajar pada aspek afektif siklus I 29,07
(cukup berminat); siklus II 37,43 (berminat); dan siklus III 43,57 (sangat
berminat).
B. Saran
Untuk turut serta dalam menyumbangkan pemikiran guna
meningkatkan hasil belajar siswa, maka disampaikan saran-saran sebagai
berikut:
1. Bagi Guru
a. Guru dapat mengaplikasikan model pembelajaran kooperatif tipe
TGT dalam pembelajaran biologi sebagai alternatif pembelajaran
agar siswa tidak jenuh karena pembelajaran tersebut berguna untuk
melatih siswa dalam bekerja sama dan berdiskusi sehingga
pemahaman siswa terhadap materi menjadi lebih baik.
b. Guru diharapkan tidak monoton dalam menyampaikan materi
pelajaran. Karena adanya variasi saat menyampaikan materi
pelajaran, akan menarik siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses
pembelajaran.
c. Guru hendaknya mampu memilih model pembelajaran yang tepat
sehingga materi pelajaran yang diberikan mudah diterima dan
dipahami oleh siswa.
2. Bagi Siswa
a. Siswa hendaknya banyak berlatih, membiasakan diri untuk
mengeluarkan ide dan gagasanya, serta aktif dalam proses
pembelajaran.
b. Siswa hendaknya tidak takut atau malu untuk menanyakan tentang
materi pelajaran yang belum dipahami.
3. Bagi Sekolah
a. Pihak sekolah hendaknya memberikan sarana dan prasarana yang
dibutuhkan sebagai pendukung proses pembelajaran guna mencapai
hasil belajar siswa yang lebih baik.
b. Melatih para guru agar kompetensinya lebih meningkat sesuai
dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar