Melihat dunia pendidikan

Selamat datang para bloger dan pembaca yang terkasih

Sabtu, 06 Maret 2010

Instrumen Pengamatan Kelas


Pegamatan Kelas
Dalam sebuah kelas, tentunya berbagai macam karakteristik siswa ada di dalamnya. Misalnya saja siswa yang pandai, siswa yang kurang pandai, siswa malas, dan sebagainya. Kecenderungan sikap tersebut dapat diamati dalam suatu penelitian tindakan. Berikut ini salah satu format lembar pengamatan kondisi kelas
Instrumen Pengamatan Kelas
No
Deskriptor
Ya
Tidak
1
Kelas terdiri dari banyak siswa yang memiliki kemampuan belajar dan asal usul yang berbeda-beda.
 

2
Ada sejumlah aturan yang harus ditaati oleh para siswa.
 

3
Siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
  
 
4
Buku-buku dan fasilitas pembelajaran mudah ditemukan siswa di kelas (sekolah).
  

5
Kerja di dalam kelompok terhambat dikarenakan beberapa siswa yang tidak ikut terlibat (malas) serta membuat kegaduhan di dalam kelas.

  
6
Beberapa siswa hanya mengandalkan siswa lain dalam kerja kelompok.
   
  
7
Para siswa tampak antusias dengan kerja kelompoknya.
 

8
Para siswa berperan aktif dalam aktivitas pembelajaran tipe TGT.


9
Banyak siswa yang bertanya kepada guru jika menghadapi kesulitan.

   
10
Sebagian besar siswa telah memiliki sumber referensi yang digunakan.


11
Siswa mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi.


12
Tujuan pembelajaran di dalam kelas tidak dapat dipahami dengan jelas.

 
13
Kelas ini terdiri dari berbagai individu yang tidak mengenal satu sama lain dengan baik.

 
14
Sebagian besar siswa menganggap materi yang diberikan sulit.
 

15
Kelas dapat terorganisir dengan baik.
 

16
Selama kegiatan pembelajaran berlangsung para siswa saling memberikan pendapat atau masukan bagi tercapainya tujuan yang diharapkan.
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar